PENGARUH FINANCIAL LITERACY, FINANCIAL BEHAVIOR, FINANCIAL ATTITUDE, DAN DEMOGRAFI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH)
Abstract
Setiap orang memiliki tuntutan untuk memenuhi kebutuhan. Namun dalam kenyataanya mereka cenderung lebih mendahulukan keingingan, sehingga menimbulkan perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial literacy, financial behavior, financial attitude, demografi terhadap perilaku konsumtif. Pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan 90 responden mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh menggunakan teknik sampel non probability sampling Analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial literacy tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, financial behavior tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, financial attitude berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, dan demografi berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adler, H., Manurung & Lutfi T. Rizky (2009). Succesful Financial Planner : A Complete Guide. Jakarta : Grasindo.
Ahillah, L. M. Tanpa tahun. Pengaruh Financial Attitude dan Financial Knowledge terhadap Personal Financial Management Behavior Pada Pegawai Direktorat Jenderal Perebendaharaan.
Al-Kholilah, N. & Iramani. (2013). Studi Financial Management Behavior Pada Masyarakat Surabaya, Journal of Business and Banking. Vol 3 No. 1: 69-80.
Ameliawati, Meli & Setiyani Rediana. (2018). The Influence of Financial Attitude, Financial Socialization, and Financial Expereience to Financial Management Behavior with Financial Literacy as the Mediation Variable. International Conference on Economics, Business and Economic Education, ICE-BEES 811-832.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
Dew, J., & Xiao, J. J. (2011). The Financial Management Behavior Scale: Development and Validation. Journal of Financial Counseling and Planning. Vol 22, 43-59
Dikria & Mintarti. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 09, No. 02, 128-139.
Eva Suminar & Tatik Meiyuntari. (2015). Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja.
Fauzia & Nurdin. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Manajemen, Vol 5 No. 1, 79-84.
Ghozali, Imam .2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Ponegoro.
Hamdani. (2018). Analisis Tingkat Literasi Keuangan dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Keuangan pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Terbuka. Journal bakti masyarakat indonesia. Vol. 1, No. 1 139-145.
Hanuning. S. 2011. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Deskriptif Kuanlitatif Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitaas Sebelas Maret Surakarta Di Tempat Kost Di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Solo). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Margaretha, Farah dan Reza, A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Journal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 17 (1), 76-85
Sugiyono. 2011. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v1i2,November.1197
Refbacks
- There are currently no refbacks.